Pages

Kamis, 22 Oktober 2015

Arti Lambang Badge Pramuka Kwarda Jawa Timur

Arti Kiasan Lambang Kwartir Daerah Jawa Timur


Lambang Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur

Logo, badge, atau lambang kwartir daerah Gerakan Pramuka bukan sekedar sebagai penunjuk domisili atau tempat keanggotaan seorang pramuka pada kwarda atau provinsi tertentu saja. Lambang ini pun juga sebagai media/sarana pendidikan bagi seorang anggota pramuka. Lambang atau logo tersebut juga memiliki makna dan arti kiasan yang melukiskan semangat, aspirasi, dan cita-cita anggota pramuka. Begitu juga pada badge kwarda Jawa Timur.

Makna dan arti kiasan dalam badge atau lambang kwarda Jawa Timur dapat diuraikan sebagai berikut :


Perisai

Perisai yang memiliki lima sisi, merupakan simbol pancasila; Melambangkan pramuka Jawa Timur yang berpedoman pada pancasila, yang siap menghadapi berbagai tantangan dan ancaman.


Tulisan Jawa Timur

Melambangkan kebulatan tekad dan jiwa pemberani pramuka Jawa Timur.


Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan dengan sepuluh bagian bangunan berdiri tegak yang melambangkan keteguhan hati dan semangat pahlawan yang sekaligus melambangkan dasa dharma.


Gapura

Dua gapura yang bersisi dengan tiga tingkat melambangkan Candi Bentar sebagai bukti kejayaan Jawa Timur sejak masa silam. Gapura Bentar melambangkan kejuangan pramuka Jawa Timur. Selaian itu,  juga melambangkan pramuka putera-puteri sekaligus dwisatya dan dwidarma (kode kehormatan siaga). Kedua Gapura Tersebut bertingkat tiga, melambangkan tri satya/tiga janji pramuka


Gunung

Menggambarkan topografi provinsi Jawa Timur dengan banyak gunung tinggi yang melambangkan cita – cita tinggi Pramuka Jawa Timur. Gunung menggambarkan tanah yang subur dan kaya yang melambangkan pramuka Jawa Timur memiliki potensi yang tinggi, dan melambangkan cinta tanah air


Gelombang Samudera dan Gelombang Sungai

Gelombang samudera menunjukkan bahwa provinsi Jawa Timur yang dikelilingi lautan dan alunan (ombak kecik) sungai menunjukkan sungai-sungai di Jawa Timur. Keduanya melambangkan pramuka Jawa Timur memiliki wawasan luas dan semangat pengabdian yang tinggi serta bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.


Tunas Kelapa

Melambangkan tekad tunggal pramuka sebagai penerus perjuangan bangsa yang berguna dalam situasi apapun dalam pembangunan juga dalam mencapai tujuan nasional.


Arti Kiasan Warna


Warna Merah
Melambangkan keberanian, kebulatan tekad untuk menempuh rintangan dan halangan.


Warna Putih
Melambangkan kesucian.

Warna Biru
Melambangkan kesetiaan, keikhlasan, ketenangan, dan kesukarelaan dalam mengabdi kepada ibu pertiwi.


Warna Hijau
Melambangkan kesuburan, kesegaran, ketenteraman, kemakmuran, kedamaian, sifat kematangan jiwa dan kesabaran.


Warna Kuning

Melambangkan kebebasan, kegairahan, kegembiraan, kedinamisan, sifat trengginas, dan kemakmuran.


Warna Hitam
Melambangkan kekuatan, kewibawaan, sifat tatag, tangguh dan tanggon.



Secara keseluruhan lambang kwartir daerah Jawa Timur melambangkan watak khas Pramuka di Jawa Timur yang patriotik, tangguh, tanggon, trampil, dan trengginas, berjiwa Pancasila dengan berpegang teguh pada Satya dan Darma Pramuka, siap mengabdi kepada nusa dan bangsa khususnya Jawa Timur menuju masyarakat yang adil dan makmur yang sesuai dengan Pancasila.


Itulah arti kiasan yang terkandung dalam logo atau lambang kwartir daerah Jawa Timur, semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar